Tips Wisata Lancar ke Coban Rondo


Berbicara mengenai Air Terjun Coban Rondo atau bisa diartikan dalam bahasa Jawanya air terjun janda adalah salah satu air terjun di area pegunungan  yang berada di ketinggian 1.135 meter dari permukaan air laut dan terletak di Kota Batu Malang, tepatnya Desa Pandesari , Kecamatan Pujon . Udara sejuk yang masih alami ditambah dengan pemandangan alam yang sedap dipandang mata menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang melakukan wisata ke air terjun ini. Objek wisata dengan view air terjun ini berketinggian mencapai 84 meter dan diresmikan pada tahun 1980. Sebagaimana diketahui, sumber mata Air dari Cemoro Mudo di sisi lereng-lereng Gunung Kawi telah menimbulkan masa air mencapai 90an hingga 150an liter per detik.



Bagi para pengunjung yang ingin melakukan wisata ke Air Terjun ini, akses menunju air terjun sangatlah mudah untuk ditempuh. Ada 2 alternatif untuk sampai ke air terjun ini. Menggunakan transportasi Umum bisa dilalui dari terminal Arjosari ke arah Landungsari,kemudian naik bus jurusan Pujon arah Kediri. Sampai di Pujon tepatnya di Patung Sapi, dilanjutkan dengan naik ojek ke lokasi Air Terjun ini. Dan jika para pengunjung menggunakan kendaraan pribadi dari arah Batu langsung menuju Pujon kemudian sampailah di puncak perbukitan akan ada papan petunjuk yang akan mengarahkan ke wisata Air Terjun ini. Lebih mudahnya lagi jika mnggunakan bantuan Google Map. Karena perjalanan yang berliku dan banyaknnya tikungan  tajam. Berhati-hatilah dan selalu waspada serta kemudikan kendaraan anda pelan pelan.

Apa Saja Yang Terdapat Di Air Terjun Coban Rondo?


Tak hanya menyajikan pemandangan alam yang indah serta air terjun yang menawan saja tetapi di dalam objek wisata Air Terjun Coban Rondo ini ada pula wahana bermain yang seru dan menantang yang bisa di dapatkan disini. Diantaranya ada Fun Tubing yakni berenang mengitari sungai dengan menggunakan ban dan dilengkapi dengan baju pelampung.Dengan biaya Rp 35.000 per orang sudah bisa menikmati permainan Fun Tubing ini.

Baca juga: Tips Wiasata ke Kawah Ijen untuk Pemula



Ada lagi permainan Paint Ball yakni permainan baku tembak antar team dengan menggunakan senapan mainan dan juga peluru karet. Setiap orang akan dilengkapi dengan baju dan berbagai macam perlengkapan perlindungan.Untuk menikmati permainan ini cukup membayar Rp 450.000 untuk 6 orang,formasi 3 vs 3.

Di wisata air terjun nan indah ini juga memiliki wahana yang menyenangkan adalah satwa dan kebun. Di sini para pengnjung dapat melihat satwa dan mencoba ragam aktifitas seperti berkuda, bersepeda, outbound pelajar, outbound kid/care, kebun labirin, kereta kelinci, sahabat ternak dan petik buah apel. Biayanya pun juga berbeda beda mulai dri 25 ribu sampai 1 juta per orangnya.



Taman Labirin yang terdapat di wisata air terjun ini juga menjadi salah satu daya tarik pengunjung, pasalnya taman yng berbentuk labirin besar ini benar benar akan menguji nyali kita merasakan kenikmatan tersesat dan berusaha mencari jalan keluar. Janganlah takut, bermain di taman labirin tidak akan pernah benar benar tersesat  dan dapat menemukan jalan keluar dengan bantuan pengunjung lainnya. Tidak hanya itu, bahkan ada pula para pengunjung yang sekedar ingin menikmati pemandangan  air terjun dan berfoto saja.

Biaya Yang Harus Dikeluarkan Untuk Bisa Ke Air Terjun Coban Rondo


Untuk harga tiket masuk ke wisata Air Terjun Coban Rondo ini dibagi menjadi 2 jenis biaya antara lain tiket masuk, biaya kendaraan dan parkir. Untuk wisatawan lokal cukup bayar Rp 8000 dan untuk wisatawan asing dipatok biaya Rp 10.000. Kendaraan roda 2 Rp2000,roda 4 Rp 4000 dan roda 6 Rp 6000. Sedangkan untuk biaya parkir untuk roda 2 dan 4 adalah Rp 4000 dan roda 6 Rp 6000. Harga pun dapat berubah sewaktu waktu. Biaya tiket pun belum termasuk biaya wahana ke area, selain air terjun  akan dikenakan biaya tambahan.

Baca juga: Tips Jalan-jalan Kepulan Belitung

Di tempat wisata Air Terjun ini penginapan terdekat  bisa di dapatkan di daerah Songgoriti. Dengan jarak kurang lebih 5-8 km dari lokasi Air Terjun. Harga berkisar Rp 150.000 an per malam.Ada juga villa yang berada di sekitar lokasi dengan biaya 1 jutaan jika berkunjung ke wisata dengan objek air terjun nan indah bersama keluarga.

Para pengunjung yang ingin membawa oleh oleh dapat membelinya di toko sekitar objek wisata air terjun ini. Berbagai pernak pernik, pakaian serta jajan khas dapat anda jumpai.Tak ketinggalan lagi di sekitar lokasi Air Terjun pun dapat kita jumpai banyaknya warung-warung makanan dan minuman.
Berhati hatilah untuk para pengunjung yang berwisata ke objek wisata air terjun ini agar tidak membawa barang berlebihan. Baik berupa makanan,tas,kresek,alat dapur dan yang lainnya. 

Dikarenakan disini terdapat banyak monyet yang biasanya senang menjarah barang barang bawaan. Kalau pun terpaksa dibawa sembunyikanlah barang tersebaut sebaik mungkin agar tidak ketahuan pleh monyet tersebut.

Baiklah, itulah tadi pembahasan mengenai tips wisata ke Coban Rondo, semoga bisa bermanfaat bagi anda semua. Buatlah liburan anda menjadi lebih berarti dengan singgah di objek wisata dengan view air terjun ini.

Oldest