Tips Wisata ke Kawah Ijen untuk Traveler Pemula

Tips Wisata ke Kawah Ijen untuk Traveler PemulaMembahas mengenai Kawah Ijen atau Gunung Ijen, merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang. Ijen  merupakan komplek kawah gunung ijen dan dataran tinggi disekitarnya. Terletak di 3 kabupaten  yakni Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi gunung ijen ini memiliki ketinggian 2.443 m dari permukaan air laut, 4x meletus dan berdinding kaldera tinggi 300-500 m. Gunung yang memiliki kawah yang indah tentunya menarik hati para pengunjung untuk melakukan wisata ke Kawah Gunung Ijen.

Tips Wisata ke Kawah Ijen untuk Traveler Pemula Tips Wisata ke Kawah Ijen untuk Traveler Pemula


Wisata Kawah Gunung Ijen menjadi pusat danau kawah terbesar di dunia yang memproduksi 36 juta meter kubik belerang dan hydrogen klorida luasnya 5.466 hektar. Dengan adanya pertambangan belerang, para pengunjung dapat menyaksikan penambang yang membawa tumpukan belerang  menyusuri jalan curam dan penuh dengan gas beracun. Tetapi  walau dikatakan berbahaya, tidak mengurungkan niat para pengunjung untuk melakukan wisata ke Kawah Gunung Ijen Ini.

Memiliki keindahan yang sangat menarik hati dengan adanya danau belerang berwarna hijau tosca dan blue fire di perut kawahnya menjadikan  tempat ini memiliki sentuhan dramastis nan elok menawan. Menurut beberapa guide lokal mengatakan bahwa waktu terbaik untuk berkunjung ke Kawah Gunung Ijen  yakni setelah bulan desember. Karena intensitas kabutnya lebih rendah sehingga pengunjung bisa meihat keindahan danau dan blue fire dengan maksimal.

Persiapan Apa Saja Yang Dilakukan Oleh Pendaki Pemula Kawah Ijen


Tips Wisata ke Kawah Ijen untuk Traveler Pemula Tips Wisata ke Kawah Ijen untuk Traveler Pemula


Untuk mencapai Gunung Ijen ini bisa di tempuh melalui 2 arah yakni utara dan selatan. Untuk arah utara melalui Situbondo ke Sempol Bondowoso melewati Wonosari kemudian ke Paltuding dengan menempuh perjalanan sekitar 2.5 jam. Dan dari arah selatan sendiri dapat dilalui dari Banyuwangi ke Licin menuju paltuding dan diteruskan dengan menggunakan jeep karna jalan berkelok dan menanjak. Melakukan wisata ke tempat yang baru yakni Kawah Ijen iini membutuhkan persiapan yang tentunya sangat matang.

Jangan sampai ketika sudah berada di tempat wisata mendapat kesusahan tanpa adanya persiapan. Melakukan wisata ke Kawah Gunung Ijen ini harus mempersiapkan fisik yang fit dan perlengkapan pendukung lainnya. Hal terpenting yang lain adalah disarankan utuk memulai perjalanan pada malam hari.Biasanya dimulai pada pukul 22.00 agar perjalanan lebih santai. Kondisi semakain sulit dijangkau apabila banyak pengunjung yang berdatangan, mereka harus mengantre dan pastinya akan membutuhkan waktu yang lumayan lama.


Tips Untuk Para Pendaki Pemula Kawah Ijen


Dan bagi yang suka berpetualang atau melakukan pendakian,ada beberapa tips yang harus di perhatikan ketika mengunjungi wisata Kawah Ijen ini terutama untuk pemula. Beberapa tips tersebut diantaranya :

Tips Wisata ke Kawah Ijen untuk Traveler Pemula Tips Wisata ke Kawah Ijen untuk Traveler Pemula


a. Mempersiapkan keadaan fisik 
Fisik yang sehat  tentu jadi prioritas utama untuk  melakukan perjalanan wista ke Kawah Gunung Ijen. Diharuskan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 3m dengan waktu kurang lebih 2 jam untuk mencapai ke Puncak Kawah Gunung Ijen ini. Terlihat dekat dan mudah untuk ditempuh akan tetapi kita harus mempersiapkan fisik yang baik apalagi bagi yang jarang melakukan olahraga dan pendaki pemula. Lebih baik melakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau lari lari kecil untuk peregangan otot agar melakukan perjalanan naik ke puncak nanti terasa menyenangkan.

b. Membawa peralatan yang cukup
Mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan selama melakukan perjalanan wistata ke Kawah Gunung Ijen juga termasuk hal yang penting. Bawalah peralatan sesuai kebutuhan anda seperti masker sejenis N95 atau masker respirator, senter untuk penerangan perjalanan ketika melakukan perjalanan malam, membawa makanan ringan sebagai pengganjal perut disaat perjalanan paling tidak roti atau makanan penambah kalori, bahkan disarankan untuk memakai guide lokal untuk membantu selama perjalanan dan memberi motivasi  untuk melakukan wisata ke Kawah Gunung Ijen. Dengan begitu kita tidak akan bingung dan mudah untuk melakukan perjalanan ke Kawah Gunung Ijen.

c. Membawa uang secukupnya
Disarankan untuk membawa uang dalam jumlah cukup selama akan melakukan perjalanan wisata ini. Pisah pisahkan uang anda dibeberapa tempat yang sekiranya aman untuk anda simpan. Karena disini pastinya anda akan melakukan perjalanan wisata disampingi bersama beberapa orang. Selain untuk berjaga jaga dari hal buruk seperti kehilangan uang contohnya, membawa uang adalah bekal cadangan yang wajib anda bawa.

d.  Pergi ke toilet lebih dulu
Sebelum beranjak melakukan perjalanan wisata ke Kawah Gunung Ijen lebih baik pergilah ke toilet lebih dulu. Terdengar konyol namun hal ini penting dilakukan. Tidak lucu jika ketika sampai di atas kita berasa ingin ke toilet karena di atas kita tidak akan menemukan toilet umum. Yang ada toilet alam atau toilet terbuka yang hanya bisa dilakukan oleh orang laki-laki saja .

Baiklah dengan adanya artikel ini besar harapan admin kepada anda bisa menambah wawasan dan pengetahuan tentang pendakian kali ini.Walau tidak lengkap tetapi cukup akurat. Dan apbila anda merupakan salah satu pendaki pemula maka anda diharuskan memahami dan mempelajari Tips Wisata ke Kawah Ijen  untuk Pemula. Perhatikan baik-baik dan Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »