Tak Hanya Puncak, 10 Tempat Wisata Alam di Bogor Ini Nggak Kalah Menarik

Puncak memang merupakan tempat wisata di Bogor yang memiliki banyak destinasi alam yang menarik untuk dikunjungi. Udaranya yang sejuk dan alamnya yang masih tampak asri serta pemandangannya yang indah dengan tata kota yang apik, tak jarang menjadikan Puncak sebagai pilihan wisata yang ramai dikunjungi sekedar melepas penat dari padatnya ibukota. Tapi sebenarnya, Bogor kaya akan tempat wisata alam. Masih banyak yang belum seramai Puncak dengan view yang tak kalah menarik untuk dinikmati. Berikut ini 10 tempat wisata alam di Bogor yang bisa kamu kunjungi.

1. Alun-alun Suryakencana


wisata alam di Bogor
Image: Instagram.com/dravide

Alun-Alun Suryakencana sebenarnya merupakan padang savana dengan hamparan bunga edelweis yang berada di ketinggian 2750 meter di atas permukaan laut. Alun-Alun ini berada di tiga wilayah Jawa Barat, yaitu Cianjur, Sukabumi, dan Bogor. Untuk menuju kesana, kamu perlu mendaki selama 7 sampai 8 jam baik melalui jalur Cibodas maupun Gunung Putri. Kamu yang suka naik gunung bisa mencoba trek pendakian dari Gunung Putri karena meskipun sebenarnya lebih dekat tapi medan yang dilalui lebih menantang. Selain dapat menikmati hamparan edelweis, kamu juga dapat menyaksikan indahnya matahari tenggelam di antara Gunung Salak serta taburan bintang di malam hari. Paginya, kamu dapat menikmati sunrise dari Puncak Gunung Gede dengan mendaki selama setengah jam.
Alamat: Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

2. Bukit Alesano


wisata alam di Bogor
Image: kesiniaja.com

Untuk kamu yang ingin menikmati ketinggian tapi tak ingin mendaki, kamu bisa mencoba camping di Bukit Alesano. Hanya dengan mengendarai motor dalam waktu satu jam dari Cipaku Bogor, kamu sudah dapat menikmati udara dingin serta pemandangan syahdu Kabupaten Bogor ketika malam hari. Selain itu, kamu juga dapat menikmati sunrise dan padang ilalang di area bukit saat matahari telah terbit. Bukit ini mulai ramai dikunjungi dan menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang apik untuk diabadikan dengan kamera. Jadi, jika menginginkan kesunyian, kamu bisa datang ketika weekdays.
Alamat: Desa Cijeruk, Cijeruk, Bogor, Jawa Barat 16740, Indonesia
Tiket masuk: Rp 10.000,-

3. Gunung Batu


wisata alam di Bogor
Image: kitamuda.id

Jika kamu ingin merasakan sensasi mendaki gunung yang tak jauh dari ibukota, kamu bisa mencoba Gunung Batu. Tingginya hanya 875 mdpl sehingga kamu tak perlu mendirikan tenda dan beristirahat semalam untuk menikmati sunrise. Kamu juga hanya butuh waktu 30 menit untuk mencapai puncak. Meskipun begitu trek pendakian yang didominasi tanah, akan sulit didaki ketika hujan karena tanah menjadi berlumpur dan licin.
Alamat: Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat
Tiket masuk: Rp 5.000,-

4. Suaka Elang Loji


wisata alam di Bogor
Image: tournesia.com

Suaka Elang Loji sebenarnya merupakan tempat singgah burung elang sebelum dilepas ke alam bebas. Kamu dapat melihat beberapa sangkar elang dari jembatan gantung yang merupakan tempat favorit untuk berfoto. Ketika berkemah pun kamu dapat mendengar suara-suara burung elang itu bercampur dengan sejuknya hutan pinus. Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat Curug Cibadak yang bisa kamu akses dengan berjalan kaki. Destinasi ini sesuai untuk wisata keluarga karena fasilitasnya yang lengkap, yaitu adanya toilet, dan mushola.
Alamat: Ciburayut, Cigombong, Bogor, West Java 16110, Indonesia

5. Danau Quarry Eks Jayamix


wisata alam di Bogor
Image: TripCanvas Indonesia

Danau Quarry Jayamix merupakan sebuah danau yang terbentuk karena bekas lahan penambangan yang dibiarkan. Cekungan itu kemudian terisi penuh dengan air hujan dan menjadi sebuah danau. Meskipun tidak dapat berenang di dalamnya karena alasan keselamatan, warna airnya yang hijau dapat memanjakan mata dan merelaksasi pikiran kita. Tempat wisata ini telah menjadi tempat yang hits dan patut untuk dikunjungi sekedar untuk berfoto maupun menikmati panorama danau yang berpadu dengan hijau rerumputan.
Alamat: Tegalega, Cigudeg, Bogor, Jawa Barat 16660
Tiket masuk: Rp 20.000,-

6. Hutan Pinus Catang Malang


wisata alam di Bogor
Image: okezone.com

Berwisata ke hutan pinus dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ingin sejenak menenangkan diri dari pekerjaan atau tugas yang menumpuk. Hutan Pinus Catang Malang yang dikelola oleh KPH Bogor ini dapat menjadi pilihan berwisata. Untuk menuju ke sini terbilang cukup mudah, kamu bisa lewat Jonggol, Citeureup, atau pun Sentul. Selain hutan pinus dan hamparan sawah, kamu bisa mengunjungi tiga curug yang berada di dalam kawasan hutan pinus yaitu Curug Ciherang 1, dan 2, serta Curug Cibulang.
Alamat: Desa Sukawangi dan Desa Warga Jaya Kec Sukamakmur, Bogor
Harga Tiket: Rp 10.000,-

7. Curug Ciherang


wisata alam di Bogor
Image: Trivindo

Curug yang berada dalam kawasan hutan pinus ini hanya berjarak 15 menit dari gerbang masuk yang dilalui dengan berjalan kaki. Selain menyuguhkan pemandangan pegunungan yang apik, ada satu spot foto yang terkenal di jalan menuju curug yaitu sebuah rumah pohon yang dihubungkan dengan jembatan kayu.
Alamat: Sirnajaya, Sukamakmur, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat 16830

8. Curug Leuwi Lieuk


wisata alam di Bogor
Image: tipswisata.co

Curug yang dapat dijangkau oleh kendaraan beroda empat ini tak jauh dari lokasi Curug Leuwi Hejo yang sudah terkenal sebelumnya. Destinasi ini terbilang baru dan mulai viral setelah dijuluki sebagai Green Canyonnya Bogor karena warna airnya yang hijau tosca. Semenjak itu, banyak pengunjung berdatangan untuk mengabadikan curug ini. Fasilitas di curug ini pun termasuk lengkap dengan adanya tempat bilas, mck, penitipan barang, dan warung makan. Selain dapat bersantai mendengar gemericik air yang menuruni tebing, kamu dapat melompat dari tebing dan bermain air.
Alamat: Desa Karang Tengah, Kecamatan Madang, Kabupaten Bogor (Kampung Wangun Cileungsi)
Tiket masuk: Rp 10.000,-

9. Green Lagoon (Curug Ciampea), Halimun Salak


wisata Green Lagoon di Bogor
Image: Kesiniaja.com

Curug yang berada di kaki Gunung Salak ini satu jalur dengan Curug Luhur. Airnya yang hijau kebiru-biruan membuat curug ini sering disebut-sebut sebagai Green Lagoonnya Bogor. Untuk mendapatkan pemandangan indah ini, setelah melalui jalan yang hanya dapat dilewati kendaraan roda dua, kamu harus berjalan sekitar 30 menit di jalan yang berbatu.
Alamat: Desa Tapos, Kecamatan Tenjolaya, Kabupaten Bogor
Tiket masuk:Rp 5.000,-

10. Gunung Pancar


wisata alam gunung pancar
Image: Gunung Pancar

Selain Hutan Pinus Catang Malang, Gunung Pancar sudah dikenal masyarakat terlebih dahulu. Di Gunung Pancar, selain berjalan-jalan sambil menikmati hijau daun yang segar, kamu juga dapat mendaki, berkuda maupun berendam di pemandaian air panas. Jika ingin menginap, sudah terdapat hotel, resort, maupun villa di sekitar sana. Kamu juga bisa berkemah di areal Gunung Pancar yang telah disediakan. Ada berbagai macam paket camping yang ditawarkan pengelola yang bisa kamu pilih.
Alamat: Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat
Tiket masuk: Rp 5.000,- (weekdays) Rp 7.500,- (weekend)
List tempat wisata di Bogor ini bisa menjadi alternatif selain Puncak, yang pastinya sudah umum di telingamu. Kamu bisa mengunjunginya sekedar untuk quality time dengan diri sendiri maupun bersama teman-teman. Yang pasti ingat etika berwisata di alam: Take nothing but pictures. Leave nothing but footprints. Kill nothing but time!
Previous
Next Post »